UNESCO Berikan Pendanaan ke Koalisi Seni Indonesia

intervalinstitue.com – UNESCO melalui program International Fund for Cultural Diversity (IFCD) atau Dana Internasional untuk Keanekaragaman Budaya memberikan dana kepada Koalisi Seni Indonesia.

Keberhasilan Koalisi Seni Indonesia mendapatkan pendanaan ini tak lepas dari keputusan sidang Komisi Antarpemerintah ke-15 Konvensi 2015 UNESCO tentang Perlindungan dan Promosi Keanekaragaman Ekspresi Budaya.

Sidang UNESCO telah menyetujui proposal program yang diajukan Koalisi Seni Indonesia dengan berjudul “Promosi dan Pemantauan Kebebasan Berekspresi di Indonesia”, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (10/2).

Proposal program tersebut rencananya bakal dijadikan salah satu program yang akan didanai oleh IFCD pada rentang tahun anggaran 2022-2024.

IFCD sendiri adalah pendanaan dari multi donor yang didirikan dengan tujuan untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan pengurangan kemiskinan di negara-negara berkembang yang menjadi anggotanya.

Sedangkan proposal yang diusulkan oleh Koalisi Seni Indonesia berfokus pada upaya mendukung pemerintah Indonesia dalam mewujudkan komitmen terhadap sektor budaya yang dinamis dalam rentang waktu 2022-2024.

Program tersebut bertujuan mempromosikan kebebasan artistik serta melibatkan pemangku kepentingan dalam pemantauan sistematis kebebasan artistik tersebut.

Adapun isi proposal ini mengusulkan tiga hal. Pertama, untuk melakukan studi awal dan akhir tentang pengetahuan praktis para pemangku kepentingan utama tentang kebebasan artistik.

Kedua, memperkuat kapabilitas jurnalis, komunitas seni, dan organisasi hak asasi manusia dalam memantau dan melaporkan pelanggaran kebebasan berkesenian.

Terakhir, mendorong pengakuan lebih lanjut tentang keadaan kebebasan artistik di Indonesia.

Terkait Koalisi Seni Indonesia sendiri adalah lembaga nirlaba yang berdiri sejak tahun 2012 dan bekerja untuk membangun ekosistem seni yang lebih baik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *