Pentas Rebon Teater 2022 Wayang Cekakak “Pembalasan Operasi Gagak” Sanggar Teater Muara Digelar Demi Rasa Syukur

intervalinstitute.com – Sanggar Teater Muara Yogyakarta memainkan Wayang Cekakak Pentas Rebon Teater tahun 2022 dengan lakon “Pembalasan Operasi Gagak”, Rabu (16/3) pukul 19.30 WIB.

Pentas teater tersebut merupakan Program Taman Budaya Yogyakarta, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Daerah Istimewa Yogyakarta yang didanai dari Dana Keistimewaan DIY tahun anggaran 2022.

Pasalnya, Pentas Rebon tahun 2022 ini diadakan sebagai bentuk rasa syukur karena Presiden melalui Keppres Nomor 2 tahun 2022 telah menetapkan Hari Nasional Penegakan Kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Diketahui sebelumnya bahwa Presiden Jokowi telah menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan.

Momen ini sekaligus menjadi momen ke-bhineka tunggal ika-an yang menguatkan jati diri dan juga kebangaan bahwa Indonesia masih ada dan diperhitungkan di mata dunia.

Adapun beliau-beliau yang berperan penting dalam peristiwa bersejarah tersebut adalah Ir Soekarno, Muhammad Hatta, Panglima Besar Sudirman, Sri Sultan Hamengkubuono IX, dan Syafruddin Prawironegoro.

Pentas Rebon Teater ini juga ditayangkan di YouTube Channel Taman Budaya Yogyakarta, Humas Jogja dan JTV.

Pentas Teater Wayang Cekakak lakon “Pembalasan Operasi Gagak” berlatar belakang peristiwa serangan umum 1 Maret di Yogyakarta yang diinisiasi oleh Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuono IX yang telah membuka mata dunia bahwa tentara Nasional Indonesia masih ada.

Pembalasan Operasi Gagak oleh Sanggar Teater Muara Yogyakarta

Naskah teater yang dimainkan Sanggar Teater Muara Yogyakarta ini ditulis oleh Joko Dwi Andono dan disutradarai oleh Surasa Khocil Birawa.

Adapun sinopsis lakon “Pembalasan Operasi Gagak” adalah sebagai berikut.

Belanda yang tidak rela melihat Kemerdekaan Indonesia telah melancarkan serangan dengan cara yang pengecut, yaitu melalui operasi gagak yang dilancarkan pada 19 Desember 1948.

Hal itu membuat pasukan TNI tercerai berai dan harus merelakan Kota Yogyakarta beserta pimpinan menjadi tawanan Belanda.

Namun, para pejuang tidak putus asa, tetap bertahan dan melawan demi kemerdekaan. Hingga akhirnya Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuono IX melancarkan serangan balasan demi menunjukkan kepada dunia bahwa TNI masih ada dan Indonesia tetap merdeka.

Para Pemain Pentas Teater Rebon 2022 Taman Budaya Yogyakarta

Konsep gelaran wayang Cekakak ini merupakan gelaran Sanggar Teater Muara Yogyakarta yang menggunakan format spirit dramaturgi modern yang disajikan secara kontemporer dengan menggabungkan unsur teater dan wayang yang dikemas secara komedi.

Sementara penyajian cerita dibingkai dengan luwes berupa legenda, cerita sejarah, maupun kehidupan sehari-hari.

Adapun iringan dalam Pentas Rebon Teater tersebut memadukan musik etno yang dikolaborasi dengan musik modern.

Kemasan teater Wayang Cekakak supaya dapat komunikatif juga menggunakan bahasa campuran, yakni Indonesia, Jawa dan bahasa Inggris. Hal ini dilakukan supaya lebih mudah dipahami generasi masa saat ini.***

One thought on “Pentas Rebon Teater 2022 Wayang Cekakak “Pembalasan Operasi Gagak” Sanggar Teater Muara Digelar Demi Rasa Syukur

  1. Mantap nih, Pentas Rebon Teater 2022 Wayang Cekakak “Pembalasan Operasi Gagak” Sanggar Teater Muara Digelar Demi Rasa Syukur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.