Mempopkan Masa Lalu

Intervalinstitute.com – Dalam menyambut Konferensi Nasional Sejarah XI, selasa, 26 Oktober 2021 Masyarakat Sejarawan Indonesia mengadakan bincang sejarah 2. Tema yang diusung pada bincang sejarah kali ini adalah “Masa lalu dan Budaya pop”.

Tema yang seolah-olah bertentangan. Sejarah tentang masa lampau, sedangkan budaya pop tentang masa kini efek revolusi industri. Padahal, dua hal ini bisa berkelindan bersama.

Bincang sejarah yang dilaksanakan secara hybrid ini mendatangkan dosen sejarah Universitas Indonesia, Dr. Bondan Kanumoyoso, M.A dan penulis skenario, Irfan A. Ismail sebagai pembicara. Susi Ivvanty, founder Alif.id, yang didapuk sebagai host membuka acara dengan pertanyaan ‘mengapa sejarah itu menarik?”.

Bondan tertarik pada sejarah karena pelajar ini seolah tidak terbatas membahas kehidupan manusia. Karena tidak dibatas ini, beliau menyukainya.

Sementara budaya pop dapat kita rasakan dampaknya seperti K-Pop, Anime dan sebagainya. Di Indonesia, muncul kegairahan mempelajari sejarah dengan seru dan populer. Budaya pop yang membawa sejarah dikemas melalui film, youtube maupun konten digital lainnya.

Seringkali budaya pop melalui film tentang sejarah justru mendapat sambutan berupa kritik dari masyarakat. Dalam hal ini, Bondan menyatakan “saya kira (masyarakat) belum siap menerima interpretasi yang berbeda”.

Peneliti di departemen sejarah Universitas Indonesia ini berpandangan bahwa gambaran tokoh sejarah harus tampil dengan segi kepahlawanannya. Apabila ada tafsiran berbeda, maka muncullah kritik.

Namun di sisi lain, penafsiran baku dan resmi membuat sejarah tidak menarik. Interpretasi lain juga sebenarnya bernilai positif karena memunculkan kegairahan masyarakat untuk terlibat.

Dalam hal ini Irfan menambahi bahwa segi penceritaan, sinematografi, kostum hingga perkakas harus sesuai setting konteks zamannya. Apabila tidak sesuai, pasti kurang menarik dan mendapat kritik.

15 thoughts on “Mempopkan Masa Lalu

  1. Get here. Comprehensive side effect and adverse reaction information.
    buy stromectol
    Long-Term Effects. Learn about the side effects, dosages, and interactions.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *