Bupati Kediri Resmikan Pengurus Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4)

intervalinstitute.com – Bupati Kediri Hanindhito Hirmawan Pramana meresmikan pengurus Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) periode 2022-2025 di Ruang Pamenang Pemkab Kediri.

Dalam pidato sambutannya, Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri tersebut, prihatin situs-situs bersejarah dan cagar budaya di Kabupaten Kediri dirusak, seperti di Desa Jambean Kecamatan Kras.

“Saya ngenes lihatnya, dipalu, dirusak begitu saja, dan saat ini belum ketemu pelakunya,” ungkapnya dalam pengukuhan pengurus Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4), Rabu (16/2) dilansir dari koranmemo.com.

Bupati Kediri berharap hal-hal yang mempunyai nilai sejarah dan budaya yang tinggi dapat dilestarikan oleh DK4.

Dalam kesempatan yang sama, Mas Dhito juga meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri untuk dapat bersinergi dengan DK4.

“Dengan adanya Dewan Kesenian dan Kebudayaan saya berharap kedepannya kejadian-kejadian seperti itu tidak terulang lagi,” kata Bupati berusia 29 tahun tersebut.

Mas Dhito juga menerangkan bahwa di lingkungan Kabupaten Kediri, hidup dan berkembang kurang lebih 36 jenis kesenian yang terdaftar dalam registrasi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Adapun rinciannya, terdapat 1.522 organisasi dan profesi seniman, 509 cagar budaya dan juga 29 adat istiadat lokal.

“Ini nanti menjadi tanggung jawab Dewan Kesenian dan Kebudayaan untuk monitor. Jangan sampai ada situs-situs atau cagar budaya yang tidak terdaftarkan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *