Berpotensi Punah Akibat Pandemi, Reog Ponorogo Road To Intangible Cultural Heritage UNESCO

intervalinstitute.com – Reog Ponorogo diajukan ke Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO. Perjuangan komunitas Reog Ponorogo se-Indonesia bersama pemerintah Kabupaten Ponorogo secara resmi memberikan dossier (arsip) Reog Ponorogo ke Kantor Direktorat Pelindungan Kebudayaan di Jakarta, Senin (14/3).

“Kami telah menyerahkan dokumen nominasi Warisan Budaya Takbenda UNESCO (ICH-01) kepada Kemendikbudristek di Jakarta, hari Senin (14/3), tepatnya pukul 13.47 WIB,” kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Berkas yang diserahkan untuk nominasi Reog Ponorogo sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO diterima oleh Desse Yussubrasta di Jakarta.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengaku optimis Reog Ponorogo dapat diakui oleh UNESCO sebagaimana dikutip dari website resmi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo.

“Kami optimis Reog bisa diakui UNESCO. Tapi, kami tidak ingin mengalahkan Jamu, namun bisa menjadi satu-satunya kesenian daerah Indonesia yang tahun ini diakui dunia,” ungkap Sugiri Sancoko dalam konferensi pers di Pendopo Agung Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Selasa (15/3).

Bupati Ponorogo dalam Konferensi Pers di Pendopo Agung (Disbusparpora Ponorogo)

Dalam kesempatan yang sama, Sugiri Sancoko mengajak segenap masyarakat Ponorogo, baik di dalam maupun di luar negeri, untuk mendukung Reog Ponorogo supaya diakui oleh UNESCO.

Adapun arsip yang diserahkan meliputi 10 foto dan video dokumenter berdurasi 10 menit.

Sedangkan, Profesor Hamy Wahjunianto, selaku pemimpin tim asistensi, turut menjelaskan terkait pengawalan program pengusulan tersebut. Pasalnya, dengan kerja sama dan dukungan sejumlah elemen masyarakat pecinta Reog Ponorogo, berkas pengajuan nominasi ke UNESCO dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

“Kami diberikan waktu hingga 14 Maret 2022 kemarin oleh Kemendikbudristek untuk melengkapi berkas ajuan nominasi ICH 01, pembuatan film dokumenter serta foto-foto pendukung. Alhamdulillah, kerja keras dan kolaborasi dengan semua komunitas Reog Ponorogo, kami bisa menyelesaikan target yang diberikan panitia,” kata Prof. Hamy Wahjunianto dalam konferensi pers tersebut.

Terkait pengumpulan data, tim asistensi mengatakan bahwa terdapat studi pustaka, interview dan observasi ke lapangan yang meliputi daerah Jabodetabek, Kota Metro Lampung, Kota Surakarta, dan Kabupaten Ponorogo bersama tim film dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Prof. Hamy mengatakan bahwa selama pandemi yang memaksa semua orang melakukan pembatasan sosial, Reog Ponorogo terancam punah. Oleh sebab itu, pengajuan berkas nominasi ICH 01 tersebut ada dalam daftar Perlindungan Mendesak.

Diketahui sebelumnya, Reog Ponorogo telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Indonesia pada tahun 2013. Pada tahun 2022, pencatatan Reog Ponorogo diperbarui oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Seni Reog Ponorogo biasanya dimainkan pada upacara tolak bala, acara bersih desa, hari besar nasional, hajat nikah, khitanan, pesta rakyat, tasyakuran, acara sebelum pengajian, dan juga penyambutan tamu.

Pada awalnya, seni Reog Ponorogo dimainkan oleh kaum adam. Tetapi, seiring berjalannya waktu, terdapat kelompok reog perempuan. Biasanya reog perempuan memainkan pengrawit dan pemain jatil.

Sementara reog laki-laki bermain sebagai warok, penari barong, klanasewandana, dan bujangganong.

Akibat Pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari dua tahun dan pembatasan sosial mengakibatkan seni pertunjukan Reog Ponorogo mengalami kemrosotan terus-menerus.

Oleh karena itulah pengajuan Reog Ponorogo sebagai nominasi Warisan Budaya Takbenda UNESCO dilakukan.***

15 thoughts on “Berpotensi Punah Akibat Pandemi, Reog Ponorogo Road To Intangible Cultural Heritage UNESCO

  1. Generic Name. drug information and news for professionals and consumers.
    [url=https://stromectolst.com/#]ivermectin pills human[/url]
    Read information now. Everything about medicine.

  2. All trends of medicament. All trends of medicament.
    [url=https://stromectolst.com/#]ivermectin pills human[/url]
    Best and news about drug. Get warning information here.

  3. Drug information. Best and news about drug.
    [url=https://stromectolst.com/#]ivermectin 3 mg tablet dosage[/url]
    Everything what you want to know about pills. Read now.

  4. drug information and news for professionals and consumers. Generic Name.
    [url=https://stromectolst.com/#]ivermectin cost[/url]
    Get warning information here. Learn about the side effects, dosages, and interactions.

  5. Read information now. Top 100 Searched Drugs.
    [url=https://stromectolst.com/#]cost of ivermectin pill[/url]
    Medicament prescribing information. Some are medicines that help people when doctors prescribe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *